Keunggulan Dan Kelemahan Kelengkeng New Kristal 2

Keunggulan dan kelemahan kelengkeng New Kristal 2. Kelengkeng Kristal 2 atau New Kristal  adalah salah satu jenis Lengkeng yang memiliki prospek besar yang mampu menghasilkan keuntungan yang besar bagi para petani kelengkeng. Dalam kurun waktu 6 tahun terakhir kelengkeng new kristal ini telah menjadi primadona di kalangan petani buah. Salah satu keunggulan yang membuat Kelengkeng New Kristal banyak diminati adalah tingkat produktifitasnya yang sangat tinggi. Pohon lengkeng Kristal 2 mampu menghasilkan dompolan buah yang banyak. Satu dompolan mampu mnghasilkan sekitar 3-4 kg kelengkeng. Buah New Kristal yang besar dengan daging buah yang tebal, tekstur buah renyah dengan sedikit air serta memiliki biji yang relatif kecil banyak diminati pembeli.

keunggulan lengkeng new kristal 2


Kelengkeng New Kristal atau Kristal 2 ini termasuk salah satu jenis kelengkeng unggulan yang merupakan hasil penyempurnaan dari kelengkeng Kristal atau kelengkeng Kristalin. Bedanya jika kelengkeng kristalin mampu tumbuh dengan sangat baik, buahnya menghasilkan dompolan buah yang banyak, tetapi daging buahnya kurang memuaskan. Tekstur lengkeng kristalin yang lembek membuat daging buah berair sehingga kurang banyak diminati konsumen. Dengan rekayasa genetika, maka lahirlah kelengkeng New Kristal. Kelengkeng New Kristal ini memiliki keunggulan pertumbuhannya sangat baik, buah kelengkeng new kristal menghasilkan dompolan yang sangat banyak, serta daging buahnya tebal dengan tekstur yang kering dan renyah.

Keunggulan lengkeng new kristal 2 ini cukup tahan terhadap terpaan angin dan hujan, hal ini disebabkan karena daun kelengkeng new kristal lebih panjang dibandingkan jenis lain dan sifatnya juga elastic. Yang paling menarik dari kelengkeng ini, adalah masa panen pohon lengkeng ini dapat diatur sendiri oleh petani dengan cara perangsang atau boster. Sehingga pohon kita bisa melakukan pemanenan sepajang tahun tanpa mengenal musim.

Keunggulan Kelengkeng New Kristal 2

Berikut ini adalah beberapa Keunggulan Tanaman kelengkeng New Kristal Yang Wajib Anda ketahui dan Layak menjadi primadona :

1. Lengkeng New Kristal Memiliki Rasa Yang Manis

Buah Lengkeng new kristal 2 ini sering disamakan dengan Lychee (Leci), karena mempunyai struktur dan citarasa yang hampir mirip. Buah Lengkeng bercitarasa lebih manis dan terasa lebih kering, sedang Buah Leci cenderung lebih juicy (berair) dengan citarasa manis asam khas daerah tropis. Tingkat kemanisan Buah Lengkeng New Crystal mencapai 21 skala Brix sama dengan jenis lengkeng merah atau ruby longan.

Selain rasanya yang disukai kebanyakan orang, buah kelengkeng juga mengandung vitamin yang bermanfaat untuk kesehatan.

Baca : Manfaat Buah Kelengkeng

2. Daging Buah Lengkeng New Kristal Tebal dan Bertekstur Renyah

Salah satu kriteria penting yang selalu ada dalam setiap pengukuran kualitas buah/hasil panen adalah ukurannya. Buah Lengkeng New Cristal mempunyai ukuran buah yang besar dibanding varietas lain. Ukuran Buah Lengkeng New Crystal mampu mencapai diameter 2 cm. Bandingkan dengan buah lengkeng lain, sebut saja, lengkeng Itoh yang berdiameter kurang lebih 1,5 cm. Bahkan saat mencapai usia optimalnya, ukuran buah lengkeng new kristal yang dihasilkannya bisa mencapai diameter 3 cm.

Daging buah kelengkeng New Kristal memiliki tekstur yang kering dengan sedikit air. Buah lengkeng yang disukai konsumen adalah: tebal, tidak lembek/berair, cukup renyah dan tidak menempel pada bijinya (nglothok)

3. Lengkeng New Kristal Dapat Berbuah Sepanjang Tahun

Tanaman buah kelengkeng New Kristal 2 mampu berbuah sepanjang tahun tanpa mengenal musim atau diluar musim panen. Lengkeng new kristal 2 dapat dibuahkan pada bulan apapun. sehingga kita bisa menentukan kapan waktu yang kita inginkan agar pohon kelengkeng berbuah.

Untuk membuahkan tanaman Lengkeng New cristal tidak perlu menunggunya sampai datang musimnya. Cukup dengan perlakuan tambahan, yaitu dengan menambahkan zat perangsang buah (booster), tanaman ini bisa berbuah kapan saja. Fakta dilapangan pekebun minimal mampu memanen Lengkeng new kristal 1,5 kali per tahun atau artinya sama dengan 3 kali dalam 2 tahun. Namun secara umum rata-rata pekebun bisa memanennya antara 2 – 3 kali dalam setahun. Luar biasa bukan?

4. New Kristal Memiliki Tingkat Produktifitas Tinggi

Keunggulan lain dari Tanaman Lengkeng new kristal adalah super duper produktif. Tidak hanya cepat berbuah, tanaman ini juga sangat produktif. Tanaman Buah Lengkeng New crystal sudah mulai belajar berbuah dengan menghasilkan panen perdana sekitar 20-25 kg buah/pohon. Pada saat mencapai usia optimalnya, tanaman buah ini akan tancap gas seiring dengan penambahan umur.

Produksi pun akan terus membumbung. Pada umur 4 tahun misalnya, tiap pohon akan menghasilkan 75 kg buah lengkeng/pohon. Usia 5 meningkat menjadi tahun 100 kg buah lengkeng/pohon. Produksi buah stabil pada kisaran 100—150 kg buah lengkeng/pohon saat berusia 5—7 tahun.

5. New Crystal Mempunyai Daya Adaptasi Yang Luar Biasa

Tanaman Lengkeng New kristal sejatinya adalah merupakan tanaman dataran tinggi, namun ia mempunyai kemampuan tumbuh baik pula di dataran rendah. Tanaman Lengkeng New kristal mampu tumbuh baik tanpa perlakuan apapun saat ditanam di dataran tinggi.  Pertumbuhan Tanaman Lengkeng New kristal didataran rendah jauh lebih cepat dibandingkan didataran tinggi apabila kebutuhan nutrisinya tercukupi dan dirawat dengan baik.

Tanaman Lengkeng New kristal ini tidaklah rewel dalam hal penanaman dan pemeliharaannya. Hal ini akan sangat memudahkan Anda dalam pembudidayaannya. Bibit Lengkeng New kristal (Kristal Baru) mampu tumbuh pada berbagai jenis tanah, seperti: tanah grumosol, laktosol, andosol maupun tanah lempung berpasir dengan pH tanah 5,0-6,6. Curah hujan yang dibutuhkannya berkisar 1100 – 1500 mm/th dengan kelembaban udara 50-90%.

6. Lengkeng New Crystal 2 Dapat di Tanam didalam Pot 

Tanaman lengkeng new kristal ini ternyata juga cocok ditanam di dalam pot sebagai Tabulampot Lengkeng New Kristal. Daunnya yang rindang dan buah kelengkeng yang bergelantungan menjadi daya tarik tersendiri. Dengan dipangkas secara rutin, pohon tidak akan tumbuh terlalu tinggi. Bila ingin mempercepat pembuahan bisa dilakukan pengeratan di batang pohon. Hal ini bisa membatasi asupan nutrisi dari daun ke bagian lain dari pohon dan membuat nutrisi berkumpul di cabang tempat bunga akan muncul.

7. Nilai Ekonomis Tinggi

Salah satu hal yang mengiurkan para pekebun Buah Lengkeng New kristal adalah saat masa panen tiba. Keuntungan besar sudah terbayang didepan mata lantaran nilai jual Buah kelengkeng New kristal diatas harga rata-rata buah lengkeng lokal unggulan maupun import. Buah lengkeng lokal unggulan dilepas di pasar dengan harga rata-rata Rp 10.000 – 20.000 per kg. Bahkan Buah Lengkeng Itoh (buah lengkeng asal Thailand) dibanderol cukup mahal Rp 25.000 per kg. Namun Buah Lengkeng New kristal bisa mencapai harga Rp 40.000 per kg ditingkat konsumen (ditingkat pekebun saja harga terjeleknya Rp 25.000). Lebih dari itu apabila dijual dalam bentuk paket agrowisata, harganya bahkan bisa mencapai Rp 50.000 per kg buahnya. Hal ini sudah terjadi di banyak didaerah dengan menjualnya sebagai produk wisata buah organik/alami, dimana konsumen bisa membeli buah lengkeng langsung dari pohonnya.


Kelemahan Kelengkeng New Kristal 2

Tidak ada penjual bibit tanaman buah yang menyampaikan kelemahan bibit yang mereka jual. Jika anda Googling pun tidak akan menemukan kelemahan atau kekurangan lengkeng kristal 2 atau new kristal ini. Lengkeng New Kristal atau kristal 2 seperti pendahulunya jenis lengkeng Itoh dan Kristalin adalah jenis kelengkeng yang susah untuk berbuah dibandingkan dengan jenis lain seperti lengkeng matalada atau Lengkeng Hawai. Kelengkeng ini tidak akan berbuah meskipun sudah melewati masa 3 tahun jika tidak dirangsang atau yang dikenal umum “diboster”.

Booster adalah pupuk khusus untuk membuahkan kelengkeng, beberapa kandungan booster yang menyebabkan pohon kelengkeng stress sehingga merangsang pohon untuk berbunga. Hal ini mungkin banyak terjadi pada anda yang sudah menanam bibit kelengkeng dan sudah tumbuh besar namun ditunggu buahnya tidak kunjung berbuah. Mungkin bibit kelengkeng yang anda tanam adalah salah satu jenis yang butuh perlakuan khusus ini. Boster kelengkeng dapat dibeli di toko pertanian atau toko pupuk.

Menanam jenis kelengkeng new kristal dalam pot sebagai tabulampot akan lebih memudahkan dalam proses pembuahan ini. Tapi perlu ingat bahwa ukuran tabulampot yang pasti kecil sehingga tidak dimungkinkan untuk skala kebun.


keunggulan lengkeng new kristal 2

Cara Budidaya Bibit Kelengkeng New Kristal 

Pemilihan Bibit Buah

Bibit buah yang berkualitas adalah memiliki batang tanaman buah yang kokoh, berdaun rimbun, segar dan berwarna hijau cerah. Perakarannya banyak dan kuat. Kriteria bibit buah ideal bisa anda dapatkan di Tanamanmart. Kami Jual Kelengkeng Kristal berkualitas dan sehat. Harga Bibit Kelengkeng Kristal yang kami tawarkan bervariasi. Info lengkap tentang Harga Bibit Kelengkeng Kristal silahkan klik di sini.

Pemilihan Lahan

Setelah Bibit buah tersedia, tahap berikutnya adalah pemilihan lokasi. Pilih lahan yang memiliki ukuran cukup luas supaya dapat digunakan untuk menanam beberapa bibit tanaman buah. Jarak minimal antar pohon adalah 6×6 meter. Pastikan tidak ada naungan yang menghalangi sinar matahari. Lakukan pembuatan lubang tanam dengan ukuran 50x50x50 cm. Setelah lubang tanam selesai dibuat selanjutnya isi lubang tanam dengan campuran tanah dan pupuk kompos atau pupuk kandang. Diamkan lubang tanam selama satu pekan supaya gas yang terkandung di dalam tanah hilang karena terkena sinar matahari dan tersapu angin.

Tahap Penanaman Bibit Buah

Proses penanaman yang dilakukan untuk Bibit Kelengkeng Kristal Dalam Pot atau Tabulampot Kelengkeng Kristal maupun secara langsung di tanah, Sobek polybag secara perlahan dan buang polybag bekasnya. Hati-hati pada saat melakukannya dan usahakan jangan sampai merusak akar bibit. Selanjutnya masukkan ke dalam lubang tanam dan timbun serta padatkan secara perlahan. Setelah proses penanaman selesai, lakukan penyiraman dengan air secukupnya sampai tanah atau media tanam basah.

Melakukan Perawatan

Perawatan tanaman buah kelengkeng adalah dengan melakukan penyiraman setiap pagi dan sore hari. Sebaiknya penyiraman dilakukan secara rutin, tetapi batang akar jangan sampai tergenang. Pemberian pupuk bisa dilakukan setiap dua pekan sekali atau minimal sebulan sekali. Perawatan lainnya adalah dengan pemangkasan yang dilakukan pada ujung-ujung cabang yang lebat guna merangsang pertumbuhan bunga dan buah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel