8 Jenis Kelengkeng Unggul Cocok di Indonesia


8 Jenis Tanaman Buah Kelengkeng Unggul Dengan Rasa Paling Manis dan Paling Cocok Untuk Pembudidayaan Tabulampot atau Lahan di Iklim Indonesia

Tanaman buah kelengkeng merupakan salah satu tanaman buah-buahan unggulan yang berasal dari daratan Asia Tenggara. tanaman buah ini menghasilkan buah yang bergelombol pada malainya. Buahnya berbentuk bulat dengan ukuran kurang lebih sebesar kelereng. Kulit buah kelengkeng rata-rata berwarna cokelat muda sampai kehitaman dengan permukaan agak berbintil-bintil (ada juga yang berwarna merah yakni kelengkeng ruby longan). Daging buahnya berwarna putih bening dan berair. Buah kelengkeng terkenal akan rasanya sangat amat manis dengan aroma yang harum khas. Bijinya berbentuk bulat berwarna hitam.

Tak hanya enak untuk di makan, buah kelengkeng juga mengandung vitamin dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Manfaat buah kelengkeng untuk kesehatan antara lain menghaluskan kulit, mencegah penuaan dini dan lain-lain.

buah kelengkeng merah


Dengan segudang keistimewaan dari tanaman buah kelengkeng ini, tak ayal banyak masyarakat kita yang membudidayakan tanaman buah ini, baik secara besar-besaran atau hanya sebatas di tanaman di pekarangan rumah saja sebagai hobi. jadi gak sabar ingin segera membudidayakan tanaman buah kelengkeng ini, tunggu dulu??. ternyata terdapat beberapa jenis tanaman buah kelengkeng yang sangat cocok dibudidayakan dengan tanah dan iklim yang ada di Indonesia, Apa saja sih? pada kesempatan kali ini, kami akan memaparkan beberapa varietas kelengkeng unggulan yang paling cocok dibudidayakan dengan iklim Indonesia.

Berikut ini 8 jenis Kelengkeng unggul yangcocok dibudidayakan di indonesia :

kelengkeng merah

1. Kelengkeng Merah atau Ruby Longan

Kelengkeng merah merupakan salah satu tanaman buah kelengkeng yang tergolong ekslusif. Pasalnya kelengkeng ini memiliki keistimewaan pada tampilannya yang sangat menarik, bayangkan saja hampir semua bagian pohon ini memiliki warna merah yang seronok, mulai dari daun, batang hingga buahnya juga berwarna merah. 

Kelengkeng merah atau dikenal dengan kelengkeng ruby longan sangat cocok jika ditanam di dalam pot atau tabulampot kelengkeng merah. Posturnya yang pendek dan sifatnya yang rajin berbuah menjadi keunggulan tersendiri. Yang membuat kelengkeng merah makin istimewa adalah kelengkeng ini mempunyai citarasa yang memiliki tingkat kemanisan paling tinggi mencapai 21 briks.



Kunggulan Tanaman Buah Kelengkeng Merah atau Ruby Longan :
  • Daun : Lurus, agak tebal, berwarna merah kecokelatan
  • Tajuk : Postur Pendek, Rimbun dan Rajin berbuah
  • Buah : Berwarna merah seronok, Daging buah tebal, kenyal, kadar gula 21 briks
  • Masa berbuah : 1-2 tahun dari bibit buah hasil sambungan
  • Produktivitas : berbuah sepanjang tahun dari pohon berumur 1 tahun
  • Harga bibit kelengkeng merah

2. Kelengkeng New Kristal

Kelengkeng New Kristal tersohor akan keunggulan mampu menghasilkan buah dengan dompolan yang amat sangat banyak, satu dompolnya bahkan bisa mencapai berat 3 – 4 kg. Keunggulan lainnya adalah daging buahnya yang bening dan transparan. Daging buahnya agak tebal, kenyal, cenderung kering dan rasanya yang super manis.  Kelengkeng New kristal atau yang sekarang telah berubah menjadi kelengkeng kateki ini merupakan merupakan jenis kelengkeng modern, artinya dalam satu pohon ini sudah terdapat bunga jantan dan bunga betina. Jadi dengan hanya menanam satu pohon saja sudah bisa dipastikan dapat berbuah.

Keunggulan Tanaman Buah Kelengkeng New Kristal :
  • Daun : Kurus, panjang 19-23 cm, lebar 5-6 cm, hijau muda, mirip dan itoh
  • Tajuk : Menjuntai kebawah seperti terkulai lemas
  • Buah : Daging buah tebal 4-5 mm, kering, kenyal, kadar gula 23 briks
  • Masa berbuah : 3 tahun dari bibit hasil sambungan
  • Produktivitas : 35-48 kg/pohon dari pohon berumur 3 tahun
  • Harga Bibit Kelengkeng New Kristal

3. Kelengkeng Itoh

kelengkeng itoh memiliki keunggulan dengan daging buahnya yang daging tebal, agak kering, dan memiliki biji kecil. ditambah lagi, tekstur dagingnya yang lembut serta rasa yang manis. tak anyal membuat kelengkeng jadi salah satu kelengkeng unggulan yang layak dibudidayakan. banyak yang bilang jikalau phon kelengkeng itoh merupakan hasil persilangan antara jenis kelengkeng diamond river dengan jenis lengkeng puang ray asal Thailand.

Keunggulan Tanaman Buah Kelengkeng Itoh :
  • Daun : Lurus, agak tebal, panjang 18-22 cm, lebar 5-6 cm
  • Tajuk : Rimbun, cabang menjuntai seperti terkulai lemas
  • Buah : Beraroma seperti Buah seukuran uang logam Rp.500, daging kering, tebal, biji kecil
  • Masa berbuah : 3,5 tahun dari bibit hasil sambungan
  • Produktivitas : 12 kg/pohon dari pohon berumur 3,5 tahun

4. Kelengkeng Diamond River

Kelengkeng Diamond River terkenal akan buah yang memiliki rasa yang manis banget dan sifarnya yang genjah / cepat berbuah. Daging buahnya berair dan punya aroma khas. Pohonnya punya banyak cabang dan tajuk daunnya rimbun. jadi, sangat cocok untuk ditanam di halaman rumah supaya adem. Daunnya berwarna hijau cerah, dengan lebar sekitar 4 cm dan sedikit bergelombang di tepiannya. Dalam setahun, kelengkeng diamond river bisa berbuah mencapai 5-10 kg. Cuma karena buahnya yang cenderung berair, kelengkeng diamond river jadi gampang busuk.

Keunggulan Tanaman Buah Kelengkeng River Diamond :
  • Tajuk Daun : kelengkeng jenis Diamon river ini cenderung memiliki tajuk daun yang rimbun melebar ke samping.
  • Percabagan : Pohon kelengkeng Diamond River memiliki percabangan yang cukup banyak, jadi sanagt cocok di tanam di dalam POT atau tanaman tabulampot.
  • Bentuk Daun : Ciri khas daunnya adalah berwarna hijau cerah, lebar, dan ciri yang paling dominan adalah tepi an daun sedikit bergelombang
  • Buah : buah varietas Diamon river cenderung berair, jangan heran kalau kita habis menikmati buah kelengkeng di tangan agak lengket (pliket Bhs. Jawa). hehehehe

5. Kelengkeng Pingpong

Kelengkeng Pingpong ini amat tersohor karena buahnya memiliki ukuran besar hampir sebesar bola pingpong. Buahnya menghasilkan daging buah yang tipis dan biji besar. Selain itu, Aroma wangi dari kelengkeng ini sangat khas dan banyak yang bilang jikalau kelengkeng pingpong ini manisnya kelewatan. Sayangnya, Cabangnya jarang-jarang dan tumbuhnya memanjang. Sehingga kalau gak diatur dan dipangkas rapi sejak awal, pohon kelengkeng pingpong bisa memakan tempat.

Keunggulan Tanaman Buah Kelengkeng Pingpong :
  • Daun : Oval, panjang 11 cm, lebar 4 cm, tepi daun melengkung,
  • Tajuk : Cenderung ngelancir
  • Buah : Seukuran bola pingpong, daging tipis, biji besar, kering, beraroma
  • Masa berbuah : 1 tahun dari bibit hasil sambungan
  • Produktivitas : 1 kg/pohon dari pohon berumur 7-8 bulan

6. Kelengkeng Aroma Durian

Kelengkeng Aroma Durian ini memiliki keunggulan dengan aromanya yang harum layaknya buah durian. Rasanya juga seperti durian setengah matang. Kelengkeng aroma durian sering juga disebut kelengkeng mata naga. Kulitnya berwarnya putih dan tipis, serta daging buah tebal dan biji yang kecil. Selain itu, tekstur daunnya kaku dan berwarna hijau tua. Kelengkeng aroma durian ini dipercaya ada pertalian dengan varietas pingpong. Jenis lengkeng ini percabangannya banyak sehingga untuk membuat rimbun pada jenis aroma durian ini sangat mudah.

Keunggulan Tanaman Buah Kelengkeng Aroma Durian :
  • Daun : Lurus, kaku, dan hijau tua
  • Tajuk : Percabangan kokoh dan tidak menjuntai
  • Buah : Daging buah tebal, biji kecil, kering, kulit putih, berpelat
  • Masa berbuah : 1,5 tahun dari bibit hasil sambungan
  • Produktivitas : 2,5 kg/pohon dari pohon berumur 1,5 tahun

7. Kelengkeng Puangray

Kelengkeng PuangRay memiliki keunggulan rasa buahnya yang manis layaknya kelengkeng diamond river dan pingpong. selain itu, buahnya cenderung kering. Ukuran buahnya besar seperti kelengkeng pingpong dan bijinya kecil. Kelengkeng Puan Ray berasal dari dari negara Thailand. Banyak orang yang bilang jikalau kelengkeng puan ray ini merupakan perpaduan kelengkeng diamond river dan kelengkeng pingpong. Keunggulan lainnya adalah Sifatnya yang genjah. kelengkeng ini dapat berbuah pada umur satu tahun dengan frekuensi berbuah yang tinggi meski tanpa perlakuan khusus.

Keunggulan Tanaman Buah Kelengkeng Puan Ray :
  • Daun : Daun muda lurus dan datar,daun tua bagian tepi melengkung
  • Tajuk : Pertumbuhan cenderung keatas, cabang lebih liat, cocok untuk tabulapot
  • Buah : Daging tebal 5 mm, dibeberapa tempat berair
  • Masa berbuah : 1 tahun dari bibit hasil sambungan
  • Produktivitas : 20 kg/pohon dari pohon berumur 5 tahun (pot)
Syarat pertumbuhan pohon kelengkeng pada umumnya adalah tanah yang gembur dengan lapisan tanah yang tebal dan dapat mengikat air dengan baik. Demikianlah artikel tentang varietas unggulan buah kelengkeng yang cocok di tanam di Indonesia. Didalam artikel tersebut kita telah membahas secara mendalam tentang jenis lengkeng unggulan mulai dari lengkeng merah, lengkeng kateki atau lengkeng new kristal, lengkeng itoh, lengkeng pingpong, lengkeng matalada, lengkeng puangray, Semoga bermanfaat untuk menambah wawasan anda dalam pengenalan berbagai jenis kelengkeng berkualitas unggul.

bibit kelengkeng hawai atau hawae

8. Kelengkeng Hawai Dan Atau Mata Lada

Kelengkeng Hawai atau Hawae dan Kelengkeng Matalada merupakan kelengkeng unggul dataran rendah. Jenis kelengkeng hawae banyak dibudidayakan karena tergolong cepat berbuah mampu berbuah diusia 1 tahun – 2 tahun, selain itu buah kelengkeng hawae juga tak kalah dengan kelengkeng jenis lain.  Terdapat kotraversi mengenai perbedaan kelengkeng matalada dengan kelengkeng hawai. Kebanyakan menganggap ke dua jenis kelengkeng ini sama. Namun jika diperhatikan bentuk daun sedikit berbeda. 

Meskipun demikian, hasil akhir yaitu buahnya 90% sama, baik dari segi ukuran, rasa bahkan warna.
Ukuran buah cukup besar, rasa sangat manis, biji sangat kecil sebesar biji lada sehingga ada juga yang menyebutnya lengkeng mata lada, dan yang paling unik adalah kulit buahnya yang berwarna putih. kelengkeng hawae ini sangat cocok untuk ditanam di pot.

Kunggulan Tanaman Buah Kelengkeng Hawai & Matalada :
  • Daun : Lurus, agak tebal.
  • Tajuk : Postur Pendek, Rimbun dan Rajin berbuah
  • Buah : Berwarna putih, daging tebal, biji kecil
  • Masa berbuah : 1 tahun dari bibit hasil sambungan
Demikia 8 jenis lengkeng unggul yang cocok di tanam di Indonesia. Untuk mendapatkan harga bibit lengkeng di atas silahkan kunjungi BibitSalaman.com




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel