Keunggulan Dan Kelemahan Bibit Durian Kaki Tiga

Siapa yang tak kenal dengan buah Durian. Buah dengan kulit berudiri ini acapkali disebut dengan King of Fruit atau raja dari segala buah dikarenakan memiliki bentuk, rasa, bahkan aroma yang unik dan berbeda daripada buah lainnya. Baru-baru ini muncul fenomena bibit buah kaki tiga. Apa keunggulan dari bibit durian kaki tiga ?


Tentang Buah Durian

Durian banyak dijumpai di wilayah tropis seperti Indonesia, Thaliland, Malaysia dan negara lain yang tersebar di kawasan Asia Tenggara. Di Indonesia sendiri Durian menjadi kontroversial, satu sisi ada banyak orang lain sangat menyukainya dan sebagian lain malah mual dengan aromanya. Terlepas dari kontroversi tersebut Durian tetap menjadi buruan para penggemar buah bernama laitin Durio zibethinus ini.


Lihat pada foto ilustrasi di atas. Adakah yang aneh, unik atau janggal ? Atau bagi Anda semua pohon  sama saja, tak ada perbedaan sama sekali. Jika jawaban Anda ya, berarti sesuatu yang penting sudah Anda lewatkan. Salah satunya adalah bagian bawah atau kaki dari pohon . Kalau Anda perhatikan kaki pohon durian  unggulan memiliki jumlah yang berbeda. Ada yang Cuma berkaki satu, tumbuh lurus. Namun ada pula yang kaki pohonnya yang berjumlah tiga. Nah, pada artikel kali ini kami mencoba menyampaikan informasi penting bahwasanya pohon durian  berkaki tiga memiliki keistimewaan-keistimewaan lain dibandingkan  berkaki satu atau buah durian lain pada umumnya.

Pohon Buah durian  adalah tanaman asli daerah tropis. Karena itu pohon durian  sangat cocok ditanam di Nusantara yang memang juga beriklim tropis, dengan kelembaban yang melimpah dan pancaran sinar matahari yang kuat. Suhu untuk tumbuh idealnya adalah rata-rata 23º C. Meski ia mampu tumbuh pada suhu 10º C namun hal tersebut akan berdampak pada jumlah daun yang dihasilkannya menurun drastis. Jadi sangatlah kecil kemungkinan sukses menanam durian jenis ini diluar daerah tropis. Ketinggian tempat tumbuh pohon durian  adalah sekitar 400-600 m dpl (dari permukaan laut) seperti yang tumbuh didaerah sekitar pulau Jawa. Tanaman ini membutuhkan curah hujan tahunan rata-rata 2000 mm.


Bibit Durian kaki tiga

Secara umum tidak ada perbedaan fungsional antara tanaman durian  berkaki satu dengan berkaki tiga. Hanya saja dengan adanya tiga kaki tanaman durian  dapat menyerap nutrisi dan unsur hara dari dalam tanah secara lebih cepat dan lebih banyak. Efeknya, tanaman menjadi lebih cepat tumbuh dan besar. Oleh karena itu tanaman durian  berkaki tiga sudah cepat dapat berbuah saat batang pohonnya masih pendek.

Hampir semua petani bibit memproduksi bibit durian kaki tiga. Jenis yang terkenal diantaranya :

  1. Durian Montong
  2. Durian Musang King
  3. Durian Petruk
  4. Durian Duri Hitam
  5. Durian Matahari
  6. Durian Bhineka Bawor
  7. Durian Kumbokarno
  8. Durian Pelangi
  9. Durian Merah Banyuwangi

Berikut ini adalah beberapa keunggulan bibit buah durian kaki 3 Sebagai berikut :

Memiliki sistem perakaran yang lebih kokoh. Hal ini dikarenakan tanaman durian  ini ditopang oleh 3 akar sekaligus, sehingga membuat duriang  tumbuh berdiri lebih kuat dan tidak gampang roboh tertiup angin kencang. Tanaman durian  kaki tiga juga lebih tahan bahaya longsor.
Memiliki sistem penyerapan nutrisi dan unsur hara dari dalam tanah yang lebih cepat dan lebih banyak. Hal ini dikarenakan karena memiliki 3 batang bawah sehingga memiliki 3 akar sekaligus.
Proses pembuahan menjadi lebih cepat, Selain memiliki pertumbuhan yang lebih cepat, tanaman durian  kaki 3 juga dapat membuat pembuahan lebih cepat. Tanaman biasanya bisa segera berbuah hanya dalam waktu 3-5 tahun saja dengan batang pohon yang masih pendek, namun buahnya sudah bergelantungan. Sangat menguntungkan untuk ditanam di rumah Anda ataupun di perkebunan.
Memiliki tampilan yang lebih cantik dan eksotis. Secara fisik, tanaman duriang  kaki 3 memiliki tampilan fisik yang lebih bagus jika dibandingkan kaki 1.

Budidaya Bibit Durian Kaki Tiga

Pada dasarnya tidak ada perbedaan dalam membudidayakan duriang  kaki tunggal dengan durian  kaki ganda. Hanya saja yang membedakannya adalah pada saat perlakuan penanaman bibit dilahan. Dalam menanam bibit durian  kaki ganda sebaiknya tiap-tiap kakinya di renggangkan di setiap sisinya. Hal ini bertujuan agar agar durian  tidak saling bertabrakan dan dapat lebih cepat mendapatkan unsur hara.  Adapun untuk Langkah-langkah penanamannya masih sama persis. Yaitu dengan memperhatikan 5 hal penting, yaitu : 1). Bibit, 2). Lahan, 3). Lubang tanam, 4). Penanaman, 5). Pupuk.

Secara garis besar atau umum, pilih bibit durian berasal dari hasil perbanyakan vegetatif okulasi atau sambung pucuk, hal ini menjamin sifat unggul indukan diturunkan pada anakannya dan pertumbuhannya berlangsung lebih cepat. Saat bibit masih muda jangan sampai terkena sinar matahari secara langsung terus menerus. Karena pada saat itu bibit masih belum kuat dan bisa mengakibatkan daunnya layu atau rusak. Berikanlah tempat yang semi teduh agar tidak rusak sekaligus mengoptimalkan pertumbuhannya. 

Cara Menanam Bibit Durian Kaki 3

Bersihkan lahan dari keberadaan tanaman gulma atau tanaman liar lain yang tumbuh disekitar daerah yang akan kita tanami bibit durian. Gulma dan tanaman lain akan mencuri unsur hara dan nutrisi dari dalam tanah yang diperlukan bibit durian untuk tumbuh. Bersihkan juga pohon-pohon atau tanaman yang berpotensi menghambat masuknya cahaya matahari ke lahan yang akan dipergunakan untuk menanami bibit. Jangan lupa tanaman durian  yang kita tanam harus mendapat cukup asupan sinar matahari. Kekurangan sinar matahari mengakibatkan proses fotosintesis pada tanaman durian tidak berjalan, akibatnya pertumbuhan terganggu.

Lubang Tanam

Lubang tanam yang ideal untuk bibit durian  berukuran 50 x 50 x 50 cm untuk bibit yang berukuran setinggi 1 m. Lalu pada lubang tanam tersebut lakukan pemberian pupuk kandang terlebih dulu sebelum nantinya ditanamkan bibit tanaman durian. Berikan pupuk kandang yang kering dan biarkan kira-kira 1-2 hari .

Jarak Tanam

Jarak tanam yang ideal adalah 8 x 8 m atau 10 x 10 m. Jarak berukuran tersebut akan memberi kesempatan kepada tanaman durian  untuk tumbuh optimal. Jarak tanam terlalu dekat berpotensi megakibatkan kompetisi perebutan nutrisi makanan antar tanaman, sehingga pertumbuhan pun terganggu. Masukkan bibit kedalam lubang tanam, lalu pendam. Kedalaman pemendaman dipaskan dengan tanah yang ikut terbawa bibit di akarnya, jangan sampai lebih atau memendamnya sampai ke batang bibit durian. Kemudian tanah diurug tanah secara melingkar dan tutup permukaannya dengan jerami/merang padi. Lakukan penyiraman saat musim kemarau setiap sore harinya demi menjaga kesegaran bibit tanaman.

Baca : Tips Menanam Bibit Durian

Demikian sedikit ulasan mengenai keunggulan bibit durian kaki tiga. Satu Kelemahan durian kaki tiga adalah pada harga bibit durian kaki tiga yang lebih tinggi dari bibit yang biasa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel